Latihan Modul 9

1. Jelaskan Manfaat dan tujuan di buatnya jaringan komputer !
Jawaban:
Adapun manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer adalah:
a) Sharing resource, bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
Jadi dengan sharing resource dapat menekan biaya pembelian peripheral atau software karena adanya peningkatan sumber daya tersebut.
b) Media komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya. Dengan menggunakan jaringan komputer, dua orang atau lebih yang jaraknya sangat jauh akan lebih mudah bekerja sama.
c) Integrasi data
Pembangunan jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat. Setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Sehingga memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
d) Pengembangan dan pemeliharaan
Dengan adanya jaringan komputer, maka pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, misalnya untuk meningkatkan kualitas pencetakan dari dot matrix  printer ke laser printer, maka tidak perlu membeli laser printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer tersebut dapat digunakan secara bersama-sama.
e) Keamanan data
Sistem jaringan komputer memberikan perlindungan terhadap data. Jaminan keamanan data tersebut diberikan melalui pengaturan hak akses para pemakai dan password, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapat perlindungan yang efektif.
f) Sumber daya lebih efisien dan informasi terbaru
Dengan adanya pemakaian sumber daya bersama-sama, maka pemakai bisa mendapatkan hasil dengan maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.

2. Jelaskan perbedaan LAN, MAN dan WAN !
Jawaban:
a) LAN (Local Area Network), adalah suatu jaringan komputer dimana peralatan-peralatan hardware dan software digabungkan untuk dapat saling berkomunikasi dalam daerah kerja yang dekat (dalam satu lokasi), menggunakan data yang sama dan mempunyai kecepatan yang tinggi.
Lingkup suatu LAN hanya meliputi suatu lokasi seperti gedung, pabrik atau kampus dan dimiliki oleh badan itu sendiri.
Karakteristik LAN :
1) Ruang lingkup geogafis terbatas (sampai 10 km)
2) Berlokasi pada satu departemen, kampus atau gedung
3) Kecepatan pengiriman data relative tinggi ( 1 – 100 Mbps)
4) Pemilikan dan pengoperasian oleh perusahaan yang bersangkutan
5) Tidak menggunakan fasilitas perusahaan telekomunikasi
6) Terdiri atas beragam komputer dan peripheral pendukung
LAN dalam perusahaan kecil
LAN dalam perusahaan kecil

b) MAN (Metropolitan Area Network), merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN.
MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antarkantor dalam suatu kota. MAN dapat mencakup perusahaan yang memiliki kantor-kantor yang letaknya sangat berdekatan dan MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan bisa disambungakn dengan jaringan televisi kabel. Jaringan ini memiliki jarak dengan radius 10 – 50 km. Di dalam jaringan MAN hanya memiliki satu atau dua kabel yang fungsinya untuk mengatur paket melalui kabel output.
Konfigurasi MAN
Konfigurasi MAN

c) WAN (Wide Area Network), adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak  yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah Negara dan benua.
Pada WAN, komponen yang dipakai dalam berkomunikasi biasanya terdiri dari dua komponen yaitu kabel transmisi dan elemen switching.
Kabel transmisi berfungsi untuk memindahkan bit-bit dari satu komputer ke komputer lainnya, sedangkan elemen switching adalah sebuah komputer khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua buah kabel transmisi atau lebih. Saat data yang dikirimkan sampai ke kabel penerima, elemen switching harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan pesan-pesan tersebut.
Konfigurasi WAN
Konfigurasi WAN

Geografis Jaringan Komputer
Geografis Jaringan Komputer

3. Apa yang dimaksud dengan Protokol ?
Jawaban:
Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi penerima dan si pengirim agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar.

4. Sebutkan dan jelaskan komponen fisik pada LAN !
Jawaban:
Personal Komputer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel, Topologi jaringan.

Personal Komputer (PC)
Tipe personal komputer yang digunakan di dalam jaringan akan sangat menentukan unjuk kerja dari jaringan tersebut. Komputer dengan unjuk kerja tinggi akan mampu mengirim dan mengakses data dalam jaringan dengan cepat.
Di dalam jaringan tipe Client-Server, komputer yang difungsikan sebagai server mutlak harus memiliki unjuk kerja yang lebih tinggi dibandingkan komputer-komputer lain sebagai workstation-nya, karena server akan bertugas menyediakan fasilitas dan mengelola operasional jaringan tersebut.

Network Interface Card (NIC)
Berdasarkan tipe bus, ada beberapa tipe network interface card (nic) atau network card, yaitu ISA dan PCI. Berdasarkan tipe bus, ada beberapa tipe network interface card (nic) atau network card, yaitu ISA dan PCI.
Saat ini terdapat jenis network card yang banyak digunakan, yaitu PCI
Jenis Kartu Jaringan

Jenis Kartu Jaringan

Ethernet
Dalam jaringan dengan protocol akses CSMA/CD atau Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection, suatu node (A) yang akan mengirimkan data akan memeriksa dahulu kondisi jalur data.
Bila tidak terdapat aliran data/kosong maka node tersebut akan mengirimkan datanya dan bila node lain (B) yang sedang menggunakan jalur data maka node (A) akan menunggu dan akan mencoba memeriksa kembali.
Dalam protocol akses ini dimungkinkan pada suatu saat terjadi beberapa node mengirimkan datanya secara bersamaan sehingga mengakibatkan collision atau tabrakan.
Dalam kondisi demikian node-node tersebut akan batal mengirimkan data dan akan mencobanya kembali bila jalur tidak sibuk.
Protokol akses CSMA-CD
Protokol akses CSMA/CD

Protokol TCP/IP
Karena penting peranannya pada sistem operasi Windows dan juga karena protokol TCP/IP merupakan protokol pilihan (default) dari Windows. Protokol TCP berada pada lapisan Transport model OSI (Open System Interconnection), sedangkan IP berada pada lapisan Network mode OSI.
Topologi, adalah pola hubungan antara terminal dalam jaringan komputer. Pola ini berhubungan erat dengan metode akses dan media pengiriman yang digunakan. Ada enam macam topologi yang dapat dipilih, antara lain adalah:
a) Topologi Titik ke titik
Topologi ini pada setiap terminal atau simpulnya dihubungkan secara langsung ke terminal lainnya. LAN tidak bergantung pada terminal atau terminal manapun, sehingga hubungan antar terminal hanya diketahui oleh terminal yang bersangkutan.
Topologi Titik ke titik

b) Topologi Bus
Pada topologi Bus semua terminal terhubung ke jalur  komunikasi. Informasi yang hendak dikirimkan melewati terminal pada jalur tersebut. Jika alamat terminal sesuai dengan alamat pada informasi yang dikirim, maka informasi tersebut akan diterima dan diproses. Jika tidak, informasi tersebut akan diabaikan terminal yang dilewatinya.
Topologi Bus

Keuntungan Topologi Bus :
– Kemampuan pengembangan tinggi (open-endedness)
– Jarak LAN tidak terbatas
– Keterandalan jaringan tinggi
– Kecepatan pengiriman tinggi
– Jumlah terminal dapat ditambah atau dikurangi tanpa mengganggu operasi yang telah berjalan
– Tidak diperlukan pengendali pusat
– Kondusif untuk konfigurasi jaringan pada gedung bertingkat.
Kerugian Topologi Bus :
– Jika tingkat lalu lintas terlalu tinggi dapat terjadi kongesti (kemacetan)
– Diperlukan repeater untuk menguatkan sinyal pada pemasangan jarak jauh
– O
perasional jaringan LAN tergantung pada setiap terminal

c) Topologi Star
Topologi Star, sebuah terminal pusat bertindak sebagai pengatur dan pengendali semua komunikasi data yang terjadi. Terminal-terminal lain terhubung padanya dan pengiriman data dari satu terminal ke terminal lain terhubung padanya dan pengiriman data dari satu terminal ke terminal lainnya melalui terminal pusat.
Topologi Star

Keuntungan Topologi Star :
– Keterandalan terbesar diantara topologi lain
– Mudah dikembangkan
– Keaman data tinggi
– Kemudahan akses ke jaringan LAN lain
Kerugian Topologi Star:
– Lalu lintas yang padat dapat menyebabkan jaringan lambat
– Jaringan tergantung pada terminal pusat, yang merupakan bagian paling bertanggung jawab terhadap pengaturan arah semua informasi ke terminal yang dikehendaki.

d) Topologi Ring
Topologi ring mirip dengan topologi titik ke titik tetapi semua terminal saling dihubungkan sehingga menyerupai lingkaran. Setiap Informasi yang diperoleh, diperiksa alamatnya oleh terminal yang dilewatinya. Jika bukan untuknya, informasi diputar lagi sampai menemukan alamat yang benar. Setiap terminal dalam LAN saling bergantungan, sehingga jika terjadi kerusakan pada satu terminal seluruh LAN akan terganggu.
Topologi Ring

Keuntungan Topologi Ring:
– Laju data tinggi
– Dapat melayani lalu lintas data yang dapat
– Tidak diperlukan host, relative lebih murah
– Dapat melayani berbagai media pengirim
– Komunikasi antar terminal mudah
– Waktu yang diperlukan untuk mengakses data optimal
Kerugian Topologi Ring:
– Penambahan atau pengurangan terminal sangat sukar
– Kerusakan pada media pengirim dapat menghentikan kerja seluruh jaringan
– Harus ada kemampuan untuk mendeteksi kesalahan dan metode pengisolasian kesalahan
– Kerusakan pada salah satu terminal mengakibatkan kelumpuhan jaringan komputer
– Tidak kondusif untuk pengiriman suara, video dan data

e) Topologi Hirarkhi
Topologi hirarkhi, tidak semua terminal mempunyai kedudukan yang sama. Terminal dengan kedudukan lebih tinggi menguasai terminal dibawahnya dan dengan demikan jaringan tergantung pada terminal dengan kedudukan paling tinggi.
Topologi Hirarkhi

5. Sebutkan dan jelaskan software pada LAN !
Jawaban:
Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan.

Sistem Operasi Jaringan
Untuk mengelola suatu jaringan diperlukan adanya sistem operasi jaringan. Sistem operasi jaringan dibedakan menjadi dua berdasarkan tipe jaringannnya, yaitu sistem operasi client-server dan sistem operasi jaringan peer to peer.

Network Adapter Card
Setiap network card akan memiliki driver atau program yang berfungsi untuk mengaktifkan dan mengkonfigurasi network adapter tersebut disesuaikan dengan lingkungan dimana network card tersebut dipasang agar dapat digunakan untuk melakukan komunikasi data.

Protokol Jaringan Komputer
Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi penerima dan si pengirim agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar.

Jenis-jenis Protokol adalah
– NetBEUI Frame Protocol (NBF)
NBF adalah versi modifikasi dari NetBUI, dikembangkan pada tahun 1985 oleh IBM
– NetBIOS
NetBIOS adalah suatu interface dan protocol yang dikembangkan oleh IBM.
– NWLink
Merupakan implementasi 32 bit Microsoft dari protocol stack yang kompatibel dengan IPX/SPX.
– IPX/SPX
Adalah protocol yang diimplementasikan dalam jaringan Novell Netware.
– TCP/IP
Dikembangkan oleh ARPA (Advanced Research Projects Agency) untuk departemen pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969.

 

Sumber :
Modul 9 PTI – Jaringan Komputer

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s